Jumat, 16 Oktober 2009

Sejarah Teknik Fisika UGM

Nama: Harjuna Candra Satya

Sejarah Teknik Fisika UGM

Sebelumnya teknik fisika bernama teknik nuklir, sebenarnya teknik nuklir sudah berdiri sejak tahun 1977 dan hanya memiliki satu program studi yaitu teknik nuklir. Pada awal berdirinya Jurusan Teknik Nuklir UGM menyelenggarakan pendidikan hanya pada tingkat sarjana selama empat semester dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru yang mempunyai ijazah Sarjana Muda Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro,Fisika dan Kimia, di samping mahasiswa tugas belajar dari beberapa instansi.Bersama dengan Jurusan Teknik Kimia, Teknik Geodesi dan KPTU Fakultas Teknik UGM. Jurusan Teknik Nuklir bertempat di Sekip, gedung yang digunakan untuk diploma Teknik Mesin dan Elektro saat ini. Baru pada akhir tahun 1992, Jurusan Teknik Nuklir bergabung di Grafika.
Teknik nuklir didirikan karena didasari karena pentingnya energi nuklir di indonesia. Pada tahun 1998 teknik nuklir memeiliki 2 program studi yaitu fisika teknik dan teknik nuklir. Fisika teknik didirikan karena fakultas teknik UGM ingin memperluas bidang studi tentang energi. Sejak saat itu pada tanggal 25 juni 2001 teknik nuklir berubah nama menjadi teknik fisika. Perubahan nama ini mungkin dimaksudkan agar jurusan ini menjadi popular dan dikenal oleh banyak kalangan. Tapi tetap saja masih banyak orang yang mengira bahwa teknik fisika adalah Jurusan Fisika yang mempelajari Teknik, padahal seharusnya Jurusan Teknik yang mempelajari Pengaplikasian Fisika pada dunia Teknik
Jurusan Teknik Fisika adalah salah satu Jurusan di Fakultas ugm yang memberikan bekal ke mahasiswanya berupa Ilmu Fisika dan matematika yang kuat serta rekayasa keduanya. sehingga lulusannya cepat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya, hal ini merupakan ciri yang unik dari program pendidikan teknik fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar