Rabu, 07 Oktober 2009

ESSAY DIODA

Nama: Azka Ayuningtyas


PERAN MAHASISWA DI ERA GLOBALISASI


Mahasiswa sebagai salah satu tolak ukur pemuda bangsa memiliki peran penting terutama saat ini yaitu era globalisasi. Karena mahasiswa berperan dalam rangka ikut menetukan nasib sustu bangsa. Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Seorang mahasiswa haruslah berbeda dengan masyrakat awam, karena seorang mahasiwa diharuskan mampu melakukan analisis yang akurat, hal inilah yang membedakan dengan orang lain. Yang d pat menjadikan seorang mahasiswa taidak terjerumus terhadap dampak negatif globalisasi karena pengajian yang mendalam terlebih dahulu. Seorang mahasiswa yang juga harus pandai dalam berkomunikasi, menjadikannya seseorang yang bisa diandalkan dalam arus globalisai, seperti menjadi seorang diplomat yang dapat menyampaikan pesan dari pemerintahan. Mahasiswa sebagai makhluk sosial akan senantiasa berhubungan dengan orang lain.
Seorang mahasiswa yang memiliki jiwa pemimpin, haruslah tidak mudah mejadi generasi yang “membelok” yang senantiasa mengikuti apa kata-kata tuannya. Tetapi sebagai seorang pemimpin yang tidak mudah terpengaruh dan ingin menjadikan masyarakat sekitar mandiri yang tidak harus selalu bargantung dengan orang asing.
Mahasiswa juga dididik untuk memiliki kemepuan sebagai EO yang dapat memerankan dirinya untuk situasi-situasi yang global akan tetapi harus sangat detil dan sehingga dapat mensukseskan sutu acara-acara penting yang terjadi dalam suatu masyarakat.
Seorang mahasiswa yang juga dididik untuk memiliki kemapuan mengatur waktu dapat menyeimbangkan antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya. Karena pada saat ini dibutuhkan seseorang yang dapat mengatur waktu dengan baik.
Seorang mahasiswa, terutama seorang enginer dalam menyikapi kegagalan haruslah dipandang sebagai modal untuk dapat mencapai sebuah keberhasilan. Dan lebih baik, seseorang harus lebih berorientasi pada usaha dan tidak terpengaruh oleh berhasil atau gagalnya usaha tersebut, karena hasil sangat dipengaruhi faktor-faktor diluar kontrol. Karena kewajiban seorang manusia harusnya berusaha
Dalam era globalisasi seperti saat ini, semakin banyak dijumpai seorang warga negara Indonesia yang sepertinya kehilangan rasa cintanya kepada tanah air. Seorang mahasiswa yang cinta almamater seharusnya juga dapat mencintai tanah airnya sendiri. Sehingga seorang mahasiswa harus memiliki semangat dan sifat pantang menyerah, serta pembekalan pembekalan yang telah diberikan semenjak bangku kuliah dapat diterapkan dalam era yang seperti sekarang ini untuk berusaha dengan keras membangun Indonesia yang lebih maju. Karena seorang mahasiswa merupakan cerminan pemuda dan merupakan calon pemimpin masa depan.

4 komentar:

  1. Kalau begitu coba anda contohkan peran real mahasiswa dalam menentukan nasib bangsa!!
    Lalu pertanyaan kedua, apa definisi "Era Globalisasi"??
    kirim jawabanmu ke dbnb.011989@gmai.com
    atau 085743001193

    BalasHapus
  2. sudah bagus tulisanmu azka, mudah2an kamu bisa menerpakannya di kehidupanmu.
    Btw kayanya saya kenal yang comment di atas ini, HAHAHAH

    BalasHapus
  3. Ndo mengatakan...
    Kalau begitu,, mari kita kenalan ^_^ hehe~~

    BalasHapus
  4. waw.....aku terkejut.....

    pembaca pun tertawa.......


    Lebytimbul

    BalasHapus