Minggu, 11 Oktober 2009

ESSAY DIODA

PERAN MAHASISWA DI DUNIA GLOBAL
Mahasiswa memiliki peran sebagai agen of change yang diharapkan dapat merubah keadaan menjadi lebih baik dengan kontribusinya yang nyata. Sebagai pelajar yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di bangku perkuliahan dalam bentuk kontribusi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas. Perlu diingat bahwa setiap mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengabdi ke masyarakat. Pengabdian itu dapat berbentuk sumbangan pikiran maupun tenaga. Harapannya, mahasiswa tidak hanya dapat berkontribusi dalam lingkup yangsempit, seperti kampus, tetapi juga dalam skala nasional maupun internasional.
Setiap mahasiswa memiliki kemampuan dan keahlian masing – masing sesuai bidang yang mereka pelajari di perkuliahannya. Dengan kemampuan yang dimiliki, mahasiswa dituntut dapat menyumbangkan ilmu dan keahlian yang mereka miliki kepada masyarakat sesuai bidang masing – masing.
Di bidang sains misalnya, salah satu wujud kontri busi mahasiswa adalah menemukan penemuan – penemuan baru yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tidak sedikit mahasiswa yang berhasil menciptakan suatu peralatan baru yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain dalam bentuk peralatan, banyak mahasiswayang melalui penelitiannya, menghasilkan teori – teori baru yang dapat dikatakan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan yang sudah ada, sehingga bisa dimanfaatkan dalam mencapai kemakmuran manusia. Penemua energy alternative misalnya, merupakan salah satu dari banyak bukti konkrit kontribusi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah global, yaitu krisis energy. Dengan adanya energy alternative, ketergantungan masyarakat dunia akan penggunaan salah satu bahan bakar yang langka, dapat dikurangi.
Di bidang social, mahasiswa juga dapat turut serta dalam menyelesaikan masalah – masalah global. Krisis ekonomi yang akhir – akhir ini terjadi, merupakan tantangan besar bagi para mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi. Dengan ilmu yang dimiliki, kelak pada saat lulus, mereka akan menjadi ekonom – ekonom handal yang dapat menyumbangkan pikiran mereka untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi mulai dari skala nasional atau bahkan global.

1 komentar:

  1. essay yang cukup bagus, tapi kamu jangan lupa perbedaan mendasar kita antara saintis dan insinyur. Coba kamu tanya ke pak yudi imardjoko

    BalasHapus