Jumat, 16 Oktober 2009

Kesan & Pesan Inisiatif

Nama: Zhauhar Reynaldi

Kesan Pesan Mengikuti Inisiatif


Sebelumnya saya sempat berfikir,bahwa mengikuti inisiatif sangat melelahkan.Sama seperti waktu saya mengikuti riset,yang tugasnya begitu banyak dan peraturan-peraturan yang harus ditaati.Ternyata Inisiatif berbeda dengan riset.Sangat banyak sekali sesuatu yang berkesan dalam inisiatif. Salah satunya karena jargon dari jurusan teknik fisika sendiri yakni “teknik fisika ceria” membuat acara ini begitu menyenangkan. Ditambah lagidengan adanya games-games seru yang tidak melibatkan kemampuan fisik saja namun juga melibatkan kemampuan otak juga. Bahkan salah satunya melibatkan uang asli sehingga menuntut kita untuk berpikir tentang kehidupan nyata di masa depan .
Karena mengusung jargon “Mikir donk…!!!”, inisiatif tidak terlalu membatasi kreatifitas peserta misalnya dalam pembuatan nametag dan blocknote ataupun asesoris lainya. Disisi lain, acara ini juga lebih melatih pola pikir kita tentang cara belajar di JTF, berorganisasi dan juga memandang hidup lebih ke depan. Tidak hanya itu, dalam suatu sesi para peserta juga di latih untuk berbicara didepan umum melalui kegiatan lomba debat untuk mempertahankan argument masing-masing dengan alasan yang logis.
Pada saat training, para peserta inisiatif juga dikenalkan dengan para mahasiswa yang sukses di JTF baik dalam belajarnya, berorganisasi maupun berwirausaha yang menjadi trainer mereka. Sehingga semua training yang di lakukan sangat jauh dari kesan ngantuk dan membosankan. Sebaliknya, para peserta menjadi semakin termotivasi oleh trainer-trainer yang inspiratif..
Setiap acara inisiatif usai, para peserta di bekali dengan tugas-tugas kecil yang memiliki tujuan-tujuan tertentu. Misalnya membuat mindmap untuk membuat perencanaan hidup dan wawancara dengan kakak angkatan untuk lebih mengenal dan menjalin link-link dengan mereka. Sejauh ini acara inisiatif berjalan dengan sangat baik, bermanfaaat dan menyenangkan. Semoga tidak di kotori oleh tindak kekerasan dan hal-hal tak berguna lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar