Rabu, 07 Oktober 2009

ESSAY DIODA

Nama: Anggrata


Peran Mahasiswa dalam Era Globalisasi Masa Kini.


Globalisasi sebuah istilah yang sering kita dengar sehari-hari dalam kehidupan kita akhir-akhir ini. Globalisasi dapat diartikan secara umum yaitu semakin “Kaburnya Batas” antar negara. Segala macam informasi dari segala penjuru dunia dapat kita ketahui secara mudah, cepat dan tepat karena adanya globalisasi. Atau kita menyebutnya yaitu sebagai suatu penyempitan. Globalisasi sangat sekali mempermudah akses kita “mengunjungi” negara lain.

Mahasiswa pada umunya adalah seorang pemuda. Dimana pemuda merupakan tulang punggung negara di masa yang akan datang. Mereka masih memiliki sifat yang labil yang mudah terpengaruh oleh suatu kondisi. Globalisasi apabila berbentuk suatu kejelekan pasti akan berpengaruh pula pada kondisi para mahasiswa. Akan tetapi, segi positif dari globalisasi memiliki andil besar dalam pengembangan peran mahasiswa bagi bangsa.

Mahasiswa menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam pemecahan suatu masalah bangsa ini. Tidak bias dipungkiri mereka masih mempunyai produktivitas yang tinggi dalam mempengaruhi suatu pengambilan keputusan. Globalisasi yang sering dijadikan kambing hitam dalam sejumlah kasus dalam negeri seperti sistem ekonomi kapitalisme. Mahasiswa-lah yang merupakan salah satu pihak yang tidak setuju dengan ideoligi seperti ini. Mereka sangat mempedulikan nasib rakyat. Rakyat kecil yang sering merasa teraniaya oleh sejumlah keputusan pemerintah. Mereka selalu turut menyuarakan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Mereka seharusnya tidak duduk berpangku tangan saja, datang ke kampus; kuliah, pulang. Tidak!!!! Mereka sangat peka sekali terhadap nasib bangsa mereka. Mereka terus berpikir, kontribusi apa yang patut saya berikan kepada bangsa dan negara untuk memajukan bangsa dan negara mereka, tidak lagi terpuruk dan dipengaruhi serta disetir oleh bangsa dan negara lain.

Selain itu pula dalam bidang sosial, mahasiswa mampu menjadi suatu kesatuan yang sering kali beraksi untuk kemanusiaan akibat dari globalisasi. Seperti, akibat dari krisis ekonomi global yang merumahkan sebagian besar para karyawan kecil. Ini secara langsung juga berpengaruh terhadap kondisi anak-anak mereka. Para mahasiswa sering kali beraksi sosial seperti pembukaan tempat belajar gratis bagi orang yang tidak mampu dan termasuk pula pada contoh diatas. Kehidupan mereka tidak hanya belajar tetapi, mereka juga berpikir apa yang bias mereka lakukan untuk memajukan bangsa ini dalam menghadapi tantangan era globalisasi yang kejam ini.

1 komentar:

  1. bagus esaymu ta, memang salah satu peran penting mahasiswa adalah kontribusi mereka terhadap kepekaan nasib bangsa kita

    BalasHapus